how to clean combustion
chamber
(detonation engine)
tips dan trik mengatasi engine nglitik pada kendaraan roda
empat
langkah
langkah membersihkan ruang bakar pada kendaraan roda empat
dengan adanya penggunaan
bahan bakar yang kurang tepat pada mesin kendaraan menyebabkan ketidaksesuian
oktan bahan bakar dan spesifikasi mesin yang dianjurkan sehingga banyak
menyebabkan permasalahn permasalahan serius pada mesin anda contoh yang sering
terjadi di Indonesia adalah para pengguna kendaraan mengeluhkan adanya suara
krek krek pada mesin dan juga boros dalam penggunaan bahan bakar, dari hasil
analisa perbaikan ditemukan adanya penumpukan karbon hasil dari pembakaran yang
kurang sempurna dan ditemukan beberapa kasus bahwa penyebab utama adalah
salahnya pemilihan oktan bahan bakar yang digunakan oleh masyarakat untu jenis
mesin yang digunakan, selain itu kurangnya maintenance kendaraan sehingga
menyebabkan kurang maksimalnya pembakaran dalam ruang bakar.
Untuk menangani hal hal
tersebut diatas pada kesempatan kali ini saya memberikan sedikit solusi dan
pengetahuan bagi anda pengguna kendaraan roda empat yang mengalami hal hal
tersebut agar tidak terjadi kerusakan
yang lebih serius pada mesin kendaraan anda
1.
langkah pertama bila
terjadi engine nglitik atau detonasi alangkah baiknya bila anda beralih
menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih baik dulu seperti pertamax plus
dengan ron 95 dengan catatan habiskan
lah seluruh tangki bbm anda agar bahan bakar yang baru tidak tercampur dengan
yang lama dimana akan mempengaruhi nilai oktan bbm.
2.
langkah berikutnya adalah
pastikan kondisi filter udara dan kondisi oli mesin dalam kondisi baik contoh
level oli max, kualitas oli masih bening atau sudah kotor, kemudian pastikan
filter udara bersih dan tidak mampet.
3.
Langkah berikutnya apakah
anda merasa konsumsi oli dari mesin anda masih wajar atau tidak missal anda
melakukan penggantian oli interval 10.000km atau tiap 5000km dimana sebelum
anda melakukan penggantian oli mesin cek stik oli terlebih dahulu untuk
mengetahui sisa oli masih diatas garis lower pada stick atau tidak sama sekali
(bila hal itu terjadi segera konsultasikan pada pihak delaer untuk dilakukan
pengecekan lebih lanjut) bila masih diatas garis lower.selanjutnya
4.
cek kondisi busi anda
apakah elektroda aus atau tidak cek warna elektroda hitam pekat, atau coklat
seperti batu bata bila hitam konsultasikan pada dealer bila coklat batu bata (
normal ) lanjutkan langkah langkah
dibawah ini, karena dengan kondisi busi yang baik dapat menghasilkan
pengapian yang sempurna untuk mewujudakan pembakaran yang sempurna pula pada
saat campuran bahan bakar dan udara yang dikompresi.
Setelah langkah langkah diatas telah anda
lakukan, jalankan kendaraan anda pastikan suara di mesin anda apakah sudah
benar benar hilang atau belum bila suara dari mesin seperti krek2 saat
diakselerasi sudah hilang, saran saya sesekali gunakan kendaraan anda dijalan
tol dengan kecepatan menengah bagi anda yang takut untuk menggunakan kendaraan
pada kondisi tersebut solusi lain adalah gunakan saja pada kecepatan rata rata
80-100 km/jam pastikan kondisi rpm saat itu diatas 6000 rpm entah dengan
menggunakan gigi 3 pada manual transmisi atau posisi slow mode ( mode no over
drive) pada A/T transmission dengan demikian diharapkan ada suatu langkah
selfcleaning dari ruang bakar untuk melepas karbon yang menempel pada head
silinder.
Bagi anda yang telah melakukan hal hal
tersebut diatas namun masalah pada mesin kendaraan anda tidak teratasi maka
bisa disimpulkan bahwa telah terjadi penumpukkan karbon dalam jumlah yang
banyak pada head silindernya atau pada head pistonnya. Pada kesempatan ini saya
akan membagi pengalaman tips dan trik kepada anda agar keluhan engine ngilitik
bisa teratasi dengan baik dan benar ikuti langkah langkah berikut:
1.
gunakan scan tool untuk
memastikan rpm dan timimg pada posisi standar atau spek pabrik, kalau pada
kendaraan dengan sistem pengapian menggunakan distributor dan juga karburator
gunakan saja timing light untuk menstandarkannnya std: 8 derajat BTDC, 650-750
rpm. Karena dengan menstandarkan timing dan rpm kita bisa tahu sampai dimana
tingkat nglitik yang dialami mesin kendaraan anda apakah parah atau sedang
sedang saja ( saran saya bila terjadi ngilitik pada kendaraan anda alangkah
baikknya nggak usah setel timing bila tidak keburu untuk digunakan karena hanya
akan menunda keluhan tersebut teratasi pada hal bukan tidak mungkin karbon pada
ruang bakar akan menumpuk lagi langsung saja eksekusi nggak usah nunda-nunda J)
2.
pastikan kompresi
kendaraan anda masih masuk spek antara 12kg/cm persegi-14kg/cm persegi setelah
tes kompressi hidupkan mesin kurang lebuh 15 menit kemudian,
3.
gas gas kendaraan anda
pada rpm antara 4000rpm apakah diknalpot mengeluarkan asap baik hitam atau
putih itu tidak normal pastikan tidak keluar asap. Pada saat anda gas gas
antara 3000-4000 rpm pastikan suara engine ngilitik terdengar ( hal tersebut
sering dijumpai pada grandlivina 1.5 mt,at) dan 1500rpm -2500rpm (pada xtrail,
grand livina 1.8 at,mt)
4.
biarkan kendaraan hidup
idle kurang lebih 15 menit untuk memanaskan ruang bakar. Kita persiapkan alat
dan bahan yang dibutuhkan
5.
siapkan alat dan bahan
Alat : kunci shock set ukuran 8-22mm, kunci busi,
obeng set, tang set, oil strainer ( penyedot oli), angin compressor, air gun,
selang ukuran kecil yang bisa masuk ke lubang busi, dan peralatan lainnya.
Bahan : bensin 2 botol ukuran 1liter, engine conditioner
2 botol tipe foam, 1 botol carb jet yang tipe pembersih seperti cairan thinner,
oli mesin baru, oil filter ( bila oli mesin kotor lakukan penggantian skalian).
6.
Setalah itu matikan
kendaraan anda, buka intake manifold, busi dan masukkan cairan engine
conditioner kedalam silinder dari lubang busi, tutup lubang busi dengan majun
kemudian putar poros engkol sebamyak 2 putaran dengan harapan cairan tersebut
mengenai dinding head sylinder juga, masukkan kembali engine conditioner 1
botol kedalamnya biarkan selama 1 jam agar arbon dapat terurai.
7.
sambil menunggu kita cek
komponen komponen seperti ( busi, filter udara, aki, trotle body, kabel coil,
ignition coil, drive belt, cooling system, sensor sensor, EGR system dan
komponen pendukung mesin lainnya.
8.
dengan menggunakan alat
oil strainer gunakan angin compressor untuk mengaktifkan fungsi dari kinerja vacuum
oil alat tersebut, kmudian hisap cairan engie conditioner yang ada didalam tiap
tiap silinder mesin hingga habis sambil dibilas bensin 1 botol, masukkan bensin
pada tiap tiap silinder lagi putar poros engkol dengan menggunakan motor stater
agar kotoran bisa rontok dengan kompresi bensin yang diisikan, pastikan lubang
busi ditutupi majun. Setelah itu bilas bensin dan sedot kembali, kemudian
keringkan dengan air gun dan selang kecil. Ganti oli mesin dan filternya karena
oli mesin sebagian telah terkontaminasi dengan cairan pembersih.
9.
rakit kembali komponen
yang telah dilepas seperti ( busi, intake, dll) gunakan momen untuk pengencangannya
pastikan gasket dalam kondisi baik.
10. hapus semua DTC karena saat proses pembersihan kendaraan distater
mengakibatkan terjadi kekekliruan kalkulasi ECM.
11. hidupkan mesin beberapa kali hingga mesin hidup pastikan asap kendaraan
disalurkan lewat exhaust porh hub agar tidak terjadi polusi asap disekitar
kita.
3.
Biarkan hidup sampai asap
benar benar habis.
12. gas gas kendaraan anda antara 3000-4000rpm untuk membersihkan sisa
karbon yang menempel.
13. reset ulang trotle body pada kondisi idle dan check data monitor setiap
sensor yang bekerja pastikan semua komponen berfungsi dengan baik.
14. selesai.
saran saya engine ngilitik merupakan suatu
akibat ( korban ) sedang yang menjadi penyebab utamanyalah ( tersangka ) yang
harus dicegah saran saya gunakan selalu bbm dengan oktan yang sesuai, lakukan
perawatan rutin dan hindari perjalanan dengan tingkat kemacetan yang terlalu
parah, sesekali gunakan pada rpm tinggi, lakukan perpindahan dimana konsumsi
bbm efisien pada dasarnya mesin dengan cc 1500 perpindahan gigi dilakukan pada
2000 rpm, selalu cek kondisi tekanan ban. Dan pastikan jaga keselamatan anda.
Terimakasih
atas kunjungannya semoga ilmu ini bermanfaat
0 komentar:
Posting Komentar