DUNIA OTOMOTIF

informasi lengkap seputar dunia otomotif

Rabu, 04 Mei 2016

how to clean combustion chamber

how to clean combustion chamber (detonation engine)
tips dan trik mengatasi engine nglitik pada kendaraan roda empat
langkah langkah membersihkan ruang bakar pada kendaraan roda empat



           dengan adanya penggunaan bahan bakar yang kurang tepat pada mesin kendaraan menyebabkan ketidaksesuian oktan bahan bakar dan spesifikasi mesin yang dianjurkan sehingga banyak menyebabkan permasalahn permasalahan serius pada mesin anda contoh yang sering terjadi di Indonesia adalah para pengguna kendaraan mengeluhkan adanya suara krek krek pada mesin dan juga boros dalam penggunaan bahan bakar, dari hasil analisa perbaikan ditemukan adanya penumpukan karbon hasil dari pembakaran yang kurang sempurna dan ditemukan beberapa kasus bahwa penyebab utama adalah salahnya pemilihan oktan bahan bakar yang digunakan oleh masyarakat untu jenis mesin yang digunakan, selain itu kurangnya maintenance kendaraan sehingga menyebabkan kurang maksimalnya pembakaran dalam ruang bakar.
           Untuk menangani hal hal tersebut diatas pada kesempatan kali ini saya memberikan sedikit solusi dan pengetahuan bagi anda pengguna kendaraan roda empat yang mengalami hal hal tersebut agar tidak  terjadi kerusakan yang lebih serius pada mesin kendaraan anda
1.     langkah pertama bila terjadi engine nglitik atau detonasi alangkah baiknya bila anda beralih menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih baik dulu seperti pertamax plus dengan ron 95  dengan catatan habiskan lah seluruh tangki bbm anda agar bahan bakar yang baru tidak tercampur dengan yang lama dimana akan mempengaruhi nilai oktan bbm.
2.     langkah berikutnya adalah pastikan kondisi filter udara dan kondisi oli mesin dalam kondisi baik contoh level oli max, kualitas oli masih bening atau sudah kotor, kemudian pastikan filter udara bersih dan tidak mampet.
3.     Langkah berikutnya apakah anda merasa konsumsi oli dari mesin anda masih wajar atau tidak missal anda melakukan penggantian oli interval 10.000km atau tiap 5000km dimana sebelum anda melakukan penggantian oli mesin cek stik oli terlebih dahulu untuk mengetahui sisa oli masih diatas garis lower pada stick atau tidak sama sekali (bila hal itu terjadi segera konsultasikan pada pihak delaer untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut) bila masih diatas garis lower.selanjutnya
4.     cek kondisi busi anda apakah elektroda aus atau tidak cek warna elektroda hitam pekat, atau coklat seperti batu bata bila hitam konsultasikan pada dealer bila coklat batu bata ( normal ) lanjutkan langkah langkah  dibawah ini, karena dengan kondisi busi yang baik dapat menghasilkan pengapian yang sempurna untuk mewujudakan pembakaran yang sempurna pula pada saat campuran bahan bakar dan udara yang dikompresi.

Setelah langkah langkah diatas telah anda lakukan, jalankan kendaraan anda pastikan suara di mesin anda apakah sudah benar benar hilang atau belum bila suara dari mesin seperti krek2 saat diakselerasi sudah hilang, saran saya sesekali gunakan kendaraan anda dijalan tol dengan kecepatan menengah bagi anda yang takut untuk menggunakan kendaraan pada kondisi tersebut solusi lain adalah gunakan saja pada kecepatan rata rata 80-100 km/jam pastikan kondisi rpm saat itu diatas 6000 rpm entah dengan menggunakan gigi 3 pada manual transmisi atau posisi slow mode ( mode no over drive) pada A/T transmission dengan demikian diharapkan ada suatu langkah selfcleaning dari ruang bakar untuk melepas karbon yang menempel pada head silinder.

Bagi anda yang telah melakukan hal hal tersebut diatas namun masalah pada mesin kendaraan anda tidak teratasi maka bisa disimpulkan bahwa telah terjadi penumpukkan karbon dalam jumlah yang banyak pada head silindernya atau pada head pistonnya. Pada kesempatan ini saya akan membagi pengalaman tips dan trik kepada anda agar keluhan engine ngilitik bisa teratasi dengan baik dan benar ikuti langkah langkah berikut:
1.     gunakan scan tool untuk memastikan rpm dan timimg pada posisi standar atau spek pabrik, kalau pada kendaraan dengan sistem pengapian menggunakan distributor dan juga karburator gunakan saja timing light untuk menstandarkannnya std: 8 derajat BTDC, 650-750 rpm. Karena dengan menstandarkan timing dan rpm kita bisa tahu sampai dimana tingkat nglitik yang dialami mesin kendaraan anda apakah parah atau sedang sedang saja ( saran saya bila terjadi ngilitik pada kendaraan anda alangkah baikknya nggak usah setel timing bila tidak keburu untuk digunakan karena hanya akan menunda keluhan tersebut teratasi pada hal bukan tidak mungkin karbon pada ruang bakar akan menumpuk lagi langsung saja eksekusi nggak usah nunda-nunda J)
2.     pastikan kompresi kendaraan anda masih masuk spek antara 12kg/cm persegi-14kg/cm persegi setelah tes kompressi hidupkan mesin kurang lebuh 15 menit kemudian,
3.     gas gas kendaraan anda pada rpm antara 4000rpm apakah diknalpot mengeluarkan asap baik hitam atau putih itu tidak normal pastikan tidak keluar asap. Pada saat anda gas gas antara 3000-4000 rpm pastikan suara engine ngilitik terdengar ( hal tersebut sering dijumpai pada grandlivina 1.5 mt,at) dan 1500rpm -2500rpm (pada xtrail, grand livina 1.8 at,mt)
4.     biarkan kendaraan hidup idle kurang lebih 15 menit untuk memanaskan ruang bakar. Kita persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
5.     siapkan alat dan bahan
             Alat    : kunci shock set ukuran 8-22mm, kunci busi, obeng set, tang set, oil strainer ( penyedot oli), angin compressor, air gun, selang ukuran kecil yang bisa masuk ke lubang busi, dan peralatan lainnya.
            Bahan : bensin 2 botol ukuran 1liter, engine conditioner 2 botol tipe foam, 1 botol carb jet yang tipe pembersih seperti cairan thinner, oli mesin baru, oil filter ( bila oli mesin kotor lakukan penggantian skalian).
6.     Setalah itu matikan kendaraan anda, buka intake manifold, busi dan masukkan cairan engine conditioner kedalam silinder dari lubang busi, tutup lubang busi dengan majun kemudian putar poros engkol sebamyak 2 putaran dengan harapan cairan tersebut mengenai dinding head sylinder juga, masukkan kembali engine conditioner 1 botol kedalamnya biarkan selama 1 jam agar arbon dapat terurai.
7.     sambil menunggu kita cek komponen komponen seperti ( busi, filter udara, aki, trotle body, kabel coil, ignition coil, drive belt, cooling system, sensor sensor, EGR system dan komponen pendukung mesin lainnya.
8.     dengan menggunakan alat oil strainer gunakan angin compressor untuk mengaktifkan fungsi dari kinerja vacuum oil alat tersebut, kmudian hisap cairan engie conditioner yang ada didalam tiap tiap silinder mesin hingga habis sambil dibilas bensin 1 botol, masukkan bensin pada tiap tiap silinder lagi putar poros engkol dengan menggunakan motor stater agar kotoran bisa rontok dengan kompresi bensin yang diisikan, pastikan lubang busi ditutupi majun. Setelah itu bilas bensin dan sedot kembali, kemudian keringkan dengan air gun dan selang kecil. Ganti oli mesin dan filternya karena oli mesin sebagian telah terkontaminasi dengan cairan pembersih.
9.     rakit kembali komponen yang telah dilepas seperti ( busi, intake, dll) gunakan momen untuk pengencangannya pastikan gasket dalam kondisi baik.
10. hapus semua DTC karena saat proses pembersihan kendaraan distater mengakibatkan terjadi kekekliruan kalkulasi ECM.
11. hidupkan mesin beberapa kali hingga mesin hidup pastikan asap kendaraan disalurkan lewat exhaust porh hub agar tidak terjadi polusi asap disekitar kita.
3.     Biarkan hidup sampai asap benar benar habis.
12. gas gas kendaraan anda antara 3000-4000rpm untuk membersihkan sisa karbon yang menempel.
13. reset ulang trotle body pada kondisi idle dan check data monitor setiap sensor yang bekerja pastikan semua komponen berfungsi dengan baik.
14. selesai.

saran saya engine ngilitik merupakan suatu akibat ( korban ) sedang yang menjadi penyebab utamanyalah ( tersangka ) yang harus dicegah saran saya gunakan selalu bbm dengan oktan yang sesuai, lakukan perawatan rutin dan hindari perjalanan dengan tingkat kemacetan yang terlalu parah, sesekali gunakan pada rpm tinggi, lakukan perpindahan dimana konsumsi bbm efisien pada dasarnya mesin dengan cc 1500 perpindahan gigi dilakukan pada 2000 rpm, selalu cek kondisi tekanan ban. Dan pastikan jaga keselamatan anda.

Terimakasih atas kunjungannya semoga ilmu ini bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar